slider

Navigation

TEST ANALISIS



Analisis
a. Nilai penyuluhan : 

• Sumber Teknologi / ide 

Ada, dalam artikel ini menjelaskan tentang suatu metode rehabilitasi yang memungkinkan peran aktif masyarakat adalah penerapan teknologi silvofishery. Silvofishery adalah sistem pertambakan teknologi tradisional yang menggabungkan antara usaha perikanan dengan penanaman mangrove, yang diikuti konsep pengenalan sistem pengelolaan dengan meminimalkan input dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

• Sasaran 

Artikel ini memiliki sasaran kepada masyarakat wilayah pesisir kawasan mangrove.


• Manfaat 

Isi artikel ini mampu memberikan peluang pengelolaan yang cukup efektif dalam rangka menyeimbangkan antara pelestarian lingkungan dan pemanfaatan ekonomi, yaitu sistem silvofishery yang diikuti konsep pengenalan sistem pengelolaan dengan meminimalkan input dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.




• Nilai Pendidikan

Artikel ini juga tekandung nilai pendidikan, yaitu dijelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan guna meningkatkan hasil pada tambak sistem silvofishery. Selain itu, dijelaskan juga mengenai cara untuk memanajemen pemeliharaan mangrove dalam hal penanaman dan penjarangan.


b. Nilai berita yang terkandung dalam artikel

• Timelines

Isi artikel ini mengandung informasi yang bersifat baru yaitu menjelaskan tentang sistem silvofishery, mulai dari pengertiannya, manfaat, dan tata cara penggunaan sistem tersebut.

• Importance

Informasi yang disampaikan dalam artikel ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat pesisir yang berkaitan dengan suatu metode rehabilitasi yang memungkinkan peran aktif masyarakat dengan pendekatan antara konservasi dan pemanfaatan kawasan mangrove ini memungkinkan untuk mempertahankan keberadaan mangrove yang secara ekologi memiliki produktifitas relatif tinggi dengan keuntungan ekonomi dari kegiatan budidaya perikanan.


• Consequence

Isi artikel ini memiliki kausalitas, dengan adanya sistem silvofishery ini dapat mendatangkan keuntungan, diantaranya yaitu, mampu memberikan peluang pengelolaan yang cukup efektif dalam rangka menyeimbangkan antara pelestarian lingkungan dan pemanfaatan ekonomi dengan konsep pengenalan sistem pengelolaan dengan meminimalkan input dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.


Development

Artikel ini memiliki informasi mengenai sistem silvofishery yang dapat memberikan pengembangan terhadap pemanfaatan kawasan mangrove ini yang memungkinkan untuk mempertahankan keberadaan mangrove yang secara ekologi memiliki produktifitas relatif tinggi dengan keuntungan ekonomi dari kegiatan budidaya perikanan.


• Disaster and Crime

Dalam artikel ini disebutkan terjadinya bencana berupa kerusakan hutan mangrove di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia. Sehingga dilakukan pendekatan baik berupa konversi mangrove menjadi sarana pemanfaatan lain seperti pemukiman, industri, rekreasi dan lain sebagainya.



Nama : Hera Nurlita Putri

NIM : 13/349961/PN/13316

Kelompok : 11


HIBURAN



Share
Banner
Reactions

Rustadi

Hidup adalah Pengabdian. Pengabdian dengan kerja Keras Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: