slider

Navigation

TINJAUAN TEORI PSIKOLOGI DALAM KEGIATAN PENYULUHAN PERIKANAN

Penyuluhan menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 didefinisikan sebagai proses pembelajaran bagi pelaku utama agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasi dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraan serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup. Jika kita mencermati kalimat dalam Undang-Undang di atas,dapat kita ketahui bahwa kata kunci dari kegiatan penyuluhan adalah proses belajar. Kata “belajar” menurut teori Belajar Behavioristik adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Di dalam kegiatan penyuluhan, dapat kita katakan bahwa yang dimaksud responadalah perubahan perilaku yang diinginkan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) sebagai akibat dari kegiatan penyuluhan yang kita laksanakan (stimulus). Karenarespon merupakan perubahan perilaku yang diinginkan maka respon ini perlu dikondisikan. Pengkondisian respon ini tentu saja didasarkan atas permasalahan yang dihadapi oleh sasaran kita, sehingga respon ini dapat dikatakan sebagai kondisi positif dari masalah yang dihadapi. Jika kita ilustrasikan dalam sebuah rencana kerja penyuluhan, maka yang dimaksud dengan respon adalah kolom tujuan dan stimulusadalah kombinasi metode dan materi penyuluhan yang akan diberikan.
Keberhasilan tercapainya sebuah respon akan sangat ditentukan oleh proses pengkondisian stimulus yang diberikan. Jika kita keliru dalam mengkondisikanstimulus maka respon yang akan dicapai juga akan keliru (tidak sesuai dengan yang ditargetkan). Oleh karena itu proses pengkondisian stimulus perlu direncanakan secara matang.
Lalu bagaimana cara mengkondisikan stimulus menurut teori psikologi ?
Perlu kita ingat kembali bahwa penyuluhan adalah sebuah proses belajar dan sangat erat dengan proses modifikasi perilaku (Behavior Modification) ataupun Behavioral Engineering. Salah satu teori yang berkaitan dengan modifikasi perilaku adalah teoriPavlovian Classical Conditioning yang diungkapkan oleh Ivan Petrovich Pavlov (1849-1936) seorang ilmuwan dari Rusia yang memenangkan Nobel di bidang Physiology or Medicine di tahun 1904. Di dalam teori ini disebutkan bahwa stimulus yang dikondisikan (Conditioned Stimulus) biasanya akan bersifat netral atau tidak memiliki reaksi apapun terhadap obyek/sasaran dan agar respon yang dikondisikan(Conditioned Response) dapat dicapai, diperlukan sebuah proses pembelajaran yang akan melibatkan Unconditioned Stimulus (Rangsangan yang tidak dikondisikan) danUnconditioned Response (respon yang tidak dikondisikan).
Kegiatan penyuluhan perikanan secara praktikal pada hakekatnya merupakan proses penyampaian pesan dari seorang penyuluh perikanan kepada pelaku utama sebagai sasaran. Pesan tersebut merupakan materi penyuluhan yang tentu saja mengharapkan reaksi berupa perubahan perilaku tertentu sebagaimana yang dikehendaki oleh penyuluh perikanan itu sendiri melalui serangkaian proses pengkondisian. Jadi sebuah materi penyuluhan perikanan haruslah disusun sedemikian rupa dengan arah yang jelas untuk memperkuat efek respon yang dikondisikan ketika materi tersebutdiberikan kepada sasaran.
Stimulus yang dikondisikan dalam hal ini adalah materi penyuluhan perikanan pada awalnya adalah sesuatu yang sifatnya netral atau tidak menimbulkan reaksi apapun pada sasaran ketika stimulus itu diberikan. Agar ia memiliki makna, maka stimulus yang dikondisikan itu harus diikat dengan pengetahuan, pengalaman tertentu yang beresonansi kuat dengan emosi sasaran sehingga menjadi lebih hidup. Tanpa intervensi unsur emosi, materi penyuluhan hanyalah sebuah simbol tanpa makna. Pengalaman dan pengetahuan dari sasaranlah yang membuat materi penyuluhan ini memiliki arti dan persepsi tertentu di mata sasaran. Oleh sebab itu perlu proses pengkondisian dimana materi penyuluhan digabungkan dengan stimulus yang tidak dikondisikan (metode dan teknik penyuluhan) sehingga dapat menimbulkan respon yang tidak dikondisikan dalam hal ini adalah tahapan adopsi. Respon yang tidak dikondisikan inilah yang akan menjadi pintu gerbang tercapainya tujuan dari penyuluhan perikanan itu sendiri (respon yang dikondisikan).
Untuk lebih jelasnya mengenai konsep Pavlovian ini, dibawah ini adalah tabel hubungan antara elemen-elemen yang ada dalam teori ini dengan elemen-elemen di dalam kegiatan penyuluhan perikanan menurut pandangan penulis  :
Elemen-Elemen Pavlovian Classical Conditioning
Elemen-Elemen Kegiatan Penyuluhan Perikanan
Conditioned Stimulus (CS)– Rangsangan yang terkondisikan – Bersifat Netral artinya obyek tidak akan bereaksi apa-apa ketika stimulus ini diberikan
Materi penyuluhan
Unconditoned Stimulus (UCS) – Rangsangan yang tidak dikondisikan – Rangsangan yang memicu obyek untuk reaksi biologis tidak bisa dikendalikan oleh obyek
Metode dan Teknik Penyuluhan
Unconditioned Response (UCR) – Respon yang tidak bisa dikondisikan – Merupakan reflek dari obyek ketika ia mendapatkan rangsangan atau stimulus berupa UCS
Tahapan adopsi (Sadar, Minat, Evaluasi, Mencoba, Adopsi)
Conditioned Response (CR)- Respon yang dikondisikan atau diharapkan ketika rangsangan terkondisikan atau CS diberikan pada obyek
Tujuan kegiatan penyuluhan yang ditetapkan

Ilustrasi dalam praktek teori ini adalah sebagai berikut :
  
Tahap I. Pada saat materi tentang bahaya formalin diberikan tanpa metode dan teknik yang tepat, reaksi yang akan ditunjukan oleh sasaran adalah netral bahkan bisa bertolak belakang dengan respon yang diharapkan,
Tahap II. Ketika materi tersebut diberikan dengan memanfaatkan metode dan teknik penyuluhan yang tepat akan memberikan reaksi Unconditioned response yaitu memasuki tahapan adopsi inovasi terhadap materi bahaya formalin,
Tahap III. Setelah tahap II dilakukan secara berulang ulang, maka akan memberikan reaksi yang sesuai dengan harapan (respon yang dikondisikan) yaitu mengganti formalin dengan bahan alternatif lain yang lebih aman. Namun perlu diingat respon pada tahap III ini terjadi setelah proses pengkondisian secara berulang-ulang pada tahap II.
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah untuk efektivitas pencapaian tujuan dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan, seorang penyuluh perikanan harus memiliki goal atau tujuan yang jelas, perencanaan yang matang dan tepat, serta dilaksanakan dengan memanfaatkan metode dan teknik penyuluhan yang tepat, yang tentu saja harus memperhatikan unsur psikologis sasaran. Sudah efektifkah kegiatan penyuluhan perikanan kita ?

Kontributor:
Arif Rahman Hakim, S.St.Pi
Penyuluh Perikanan Muda Pada Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan KP


Share
Banner

Rustadi

Hidup adalah Pengabdian. Pengabdian dengan kerja Keras Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: