slider

Navigation

VIDEO CONFERENCE BIOKONVERSI LIMBAH ORGANIK MENGGUNAKAN MAGOT

Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KP, Kementerian Kelautan dan Perikanan melaksankan kegiatan rutin Video Conference (Vicon) setiap Hari Kamis bulan berjalan, dengan Topik Biokonversi Limbah Organik Mengunakan Magot Sebagai Alternatif  Bahan Baku Pakan Ikan yang disampaikan oleh Narasumber Dr. Melta Rini Fahmi, Balai Riset Budidaya Ikan Hias Depok, Pusat Riset Perikanan, BRSDMKP  sementara Moderator Dwi Nurfitriyanti, S.Pi Kegiatan Vicon Kamis, 27 Juli 2017 dikuti 8 (Delapan) Mitra Vicon se Indonesia yakni Kabupaten Belitung Timur, Kota Palu, Kabupaten Karawang, Kota Ternate, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten OKI, Kabupaten Pekanbaru dan Kabupaten  Pasuruan.
Narasumber menyampaikan bahwa Magot merupakan larva serangga Black Soldier Fly (Hermentia illucens, Stratiomydae, Diptera), keberadaanya dapat ditemui hamper seluruh Indonesia bahkan diseluruh dunia dengan ukuran larva 2 Cm. Maggot memiliki banyak kelebihan diantaranya:
1.  Dapat mereduksi sampah organik (dewetering);
2.  Dapat hidup dalam toleransi pH yang cukup luas;
3.  Tidak membawa atau agen penyakit;
4.  Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi (40-50%);
5.  Masa hidup cukup lama (± 4 minggu) dan untuk mendapatkanya tidak memerlukan teknologi tinggi.
Black Soldier Fly (Hermentia illucens) adalah serangga yang hidup dipepohonan yang berbunga serta ditempat Sampah.  Sari bunga (madu) merupakan makanan utamanya.  Siklus hidupnya selalu melakukan metamorfosa seperti kupu-kupu.  Black soldier yang sudah dewasa akan kawin dan selanjutnya akan meletakkan telurnya pada media yang memungkinan sebagai makanan bagi larvanya.  Dalam waktu 2-4 hari telur akan menetas menjadi maggot kecil, selanjutnya akan bertambah besar sampai 2 cm pada umur 4 minggu.  Sampai umur 2 minggu maggot masih berwarna putih dan selanjutnya warna semakin berubah menjadi kekuningan sampai hitam dan menjadi pupa pada umur ± 4 minggu.  Setelah 4 minggu pupa akan menetas menjadi serangga dewasa.
Manfaat Magot dalam Dunia Pakan Ikan sebagai berikut:
·       Rich Nutrition: Protein 40-48 %, Lemak 25-32%
·        Low investment: Produksi magot tidak membutuhkan air, listrik dan bahan kimia, dan infrastruktur sederhana
·        Enviromental friendly: mampu mendegradasi limbah organik menjadi material nutrisi lainnya
·        Low Technology: teknologi produksi magot dapat diadopsi dengan mudah oleh masyarakat
·        Industri scale: Magot dapat diproses menjadi tepung magot (Mag meal)

Budidaya Magot bisa diimplemetasikan diberbagai Daerah di Indonesia sebagai bahan alternatif Pakan Ikan. Bahkan para Penyuluh Perikanandan kelompok masyarakat Nelayan mampu melakukan budidaya secara sederhana di daerah binaaan masing-masing. Budidaya Magot memberikan keuntungan yang besar secara Finansial serta memberi kemudahan bagi pelaku budidaya ikan. 
Pada sesi tanya jawab, Moderator memberikan kesempatan kepada peserta Video Conference untuk memyampaikan beberapa pertanyaan atau masukan terkait dengan Topik yang disampaiakn oleh Narasumber. Adapun Perwakilan mitra vicon yang mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
1.  Dari Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan pertanyaan terkait dengan bagaimana cara membudidayakan  Magot secara berkelanjutan?
2.  Dari Lampung Selatan, Apakah Budidaya Magot sudah memiliki SNI sebagai dasar Alternatif Pakan Ikan?
Adapun Respon Dr. Melta Rini Fahmi selaku Narasumber tekait dengan pertanyaan dan masukan dari peserta vicon yakni bahwa cara melakukan Budidaya Magot sangat mudah dan sederhana di masing-masing Daerah, seperti di Kota Palu, yakni dengan melihat siklus Magot, pertama-tama menyiapkan tempat untuk melakukan proses bertelur serta menyiapkan kandang bagi magot. Untuk lebih jelas dan lengkap bisa dilihat atau diakses melalui bahan presentasi,
Sementara terkait dengan SNI bagi Magot sebagai bahan Baku Alternatif Pakan Ikan belum ada, akan tetapi secara Riset sudah di akui.



Materi dan Video Materi Vicon Biokonversi Limbah Organik Mengunakan Magot Sebagai Alternatif  Bahan Baku Pakan Ikan dapat diunduh melalui website PuslatluhKP
Link Download Materi Video 
http://bit.ly/2vank69  


Alamat kantor Narasumber: 





DISUNTING MELAUI PUSLUH BRSDMKP
Share
Banner
Reactions

Rustadi

Hidup adalah Pengabdian. Pengabdian dengan kerja Keras Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: