slider

Navigation

Alat Pengering Artemia Untuk Pakan Benur Udang

Keunggulan  kista artemia sebagai pakan larva udang dan ikan yang mampu  menghasilkan tingkat kelangsungan hidup (survival rate) tinggi masih  belum dapat tergantikan oleh jenis pakan lainnya. Sayangnya, kebutuhan  kista artemia dalam negeri sebagian besar masih dipenuhi dari impor yang  harganya mahal. Kendala utama dalam budidaya kista artemia terletak  pada penanganan pascapanen, di antaranya disebabkan kerena teknologi  belum tersedia dan tetas kista artemia kering masih belum tinggi.     

Inovasi ini menawarkan tidak hanya alat  pengering kista artemia, tetapi juga teknologinya. Alat pengering kista  artemia tipe drum berputar (rotary drum dryer) ini dapat meningkatkan  daya tetas kista artemia kering sehingga lebih dari 70% melalui proses  pengeringan dalam waktu kurang dari 8 jam, hingga mencapai kadar air  kurang dari 10%.  

PERSPEKTIF
Kemampuan   mengolah jasad renik yang kecil bisa memberikan kontribusi besar bagi  perekonomian bangsa, karena meletakkan dasar kokoh bagi industri  perikanan kita. 
KEUNGGULAN INOVASI Tingkat daya tetas kista artemia yang dikeringkan lebih dari 70% Tingkat pengeringan mencapai 10% kandungan air dan tidak tergantung sinar matahari Kista artemia kering yang dihasilkan sangat homogen. 

POTENSI APLIKASI 
Inovasi  dapat diaplikasikan di daerah-daerah pertambakan, khususnya tambak  garam yang juga membudidayakan artemia, baik skala kecil maupun besar.   
Inovator:  Bagus Sediadi Bandol Utomo; Singgih Wibowo; Th Dwi Suryaningrum
Institusi:  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Alamat:  Jl. KS Tubun Petamburan VI, Jakarta 10260
Status paten:  Belum dipatenkan Email: pproduk.biotek@kkp.go.id 


Oleh: BRSDMKKP
Share
Banner
Reactions

Rustadi

Hidup adalah Pengabdian. Pengabdian dengan kerja Keras Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: