slider

Navigation

SINGGASANA TUHAN.

SINGGASANA TUHAN.
Selamat pagi dan selamat dating sahabat hatiku kali ini saya ingin berbagi informasi dari sahabatku sendiri yg saya rasa bermanfaat untuk kit abaca khususnya jika anda suka atau cocok dengan selera anda yg hobi dan membaca tulisan atau artikel yg berhibungan denganhal hal Ketuhanan. Saya sendiri memang hobi karena saya sendiri sangat suka dan mencintai dengan hal2 yg benar dan sifatnya untuk kebenaran. Makanya pada postingan kali ini saya hanya menyalin saja apa yg sudah disiapkan oleh sahabat saya Cahaya gusti dalam mengembangkan visi dan misinya kepada khalayak islam unyuk berbagi. Baiklah sobat teruskan bacanya dan terima kasih atas kinjungannya.

Banyak orang mencari Allah, dengan berbagai cara dan mencari keluar kemana-mana, tetapi tidak ketemu, karena salah alamat. Bagi pejalan ruhani jika tidak tahu peta perjalanan ruhaniahnya, maka akan sangat membahayakan dan mudah terjebak oleh bujukan hawa nafsu dan rayuan Iblis yang penuh jebakan.
Padahal Allah sendiri Allah sendiri sudah menjawabnya dalam al-Qur’an.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.(Q.S. Al-Baqarah (2) : 186)

وَهُوَ مَعَكُمۡ أَيۡنَ مَا كُنتُمۡۚ

Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.(Q.S. Al-Hadiid: 4)
Jika alam semesta itu disebut Alam kabir yaitu Alam besar jagat raya, maka manusia itu adalah Alam Shogir, yaitu alam kecil, sebagai miniaturnya alam besar. Semua yang ada di alam kabir, maka akan berada di alam shogir. Untuk itu jika mencari Allah, carilah di dalam diri kita masing-masing.

Imam Ja’far Shodiq berkata: “Sesungguhnya hati seorang mukmin adalah ‘Arsy Allah.”
Juga dalam penjelasan yang lain disebutkan, “Langit dan bumi tidak mampu memuat-Ku, akan tetapi Aku termuat dalam diri hamba-Ku yang mukmin.” [Biharul Anwar, jilid 58, hal. 39.]
Pintu-Pintu Hati.
Dalam kajian tasawuf ada sebuah hadits qudsy yang menjelaskan tentang pintu-pintu hati, hadits ini di dalam kitab-kitab hadits tidak ada, adanya hanya dalam kaijan tasawuf, yaitu:

بنيت فى جوف ابن ادم قصرا وفى القصر صدرا وفى الصدر قلبا وفى القلب فؤادا وفى الفؤد شغافا وفى الشغاف لبا وفى اللب سرا وفى السر انا.

" Aku jadikan pada tubuh anak Adam (manusia) itu qasrun (istana), di situ ada sadrun (dada), di dalam dada itu ada qalbu (tempat bolak balik ingatan), di dalamnya ada lagi fu'ad (jujur ingatannya), di dalamnya pula ada syagaf (kerinduan), di dalamnya lagi ada lubbun (merasa terlalu rindu), dan di dalam lubbun ada sirrun (rahasia), sedangkan di dalam sirrun ada " Aku ".(Hadis Qudsi)

1.Pintu hati yang pertama adalah Shodr (Dada), merupakan hati terluar atau perbatasan antara hati dan dunia, tempat bertemunya hati dan diri rendah (hawa nafsu), Dada sebagai wilayah pertempuran utama antara kekuatan negatif dan positif dalam diri; jika kekuatan positif lebih kuat maka dada dipenuhi cahaya dan berada di bawah pengaruh jiwa ke-Tuhan-an.
Dinamakan Shodr karena dia adalah tempat terbitnya “Nurul Islam” (Cahaya Islam). Seperti firman Allah:

أَفَمَنْ شَرَحَ اللَّهُ صَدْرَهُ لِلْإِسْلَامِ فَهُوَ عَلَىٰ نُورٍ مِنْ رَبِّهِ ۚ فَوَيْلٌ لِلْقَاسِيَةِ قُلُوبُهُمْ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” (az-Zumar: 22).
2.Pintu Hati kedua adalah Qolb (hati), disebut qolb karena sering berbolak-balik, maka jangan heran jika manusia sering plin-plan hati dan pikirannya. Hati yang seperti ini harus dikalahkan dan dibersihkan. Sehingga muncullah Cahaya Iman. Firman Allah:

أُولَئِكَ كَتَبَ فِي قُلُوبِهِمُ الْإِيمَانَ

“Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka.” [Qs. Al-Mujadillah: 22]

3. Pintu Hati yang ketiga disebut Fuad. Pusat kesadaran menyadari kehadiran Tuhan yakni tempat batin sanubari, disebabkan karena ia tempat terbitnya cahaya “Ma’rifat”. Firman Allah:

مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَىٰ

“Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.” (Qs. an-Najm: 11).

4. Pintu Hati yang keempat adalah Syagof. karena tempat terbitnya cahaya “Mahabbah” (cinta). Rasa cinta kepada Allah, maka menjadikan dirinya lebur ke dalam Allah. Firman Allah:

قَدْ شَغَفَهَا حُبًّا

“Sesungguhnya cintanya kepada bujangnya itu sangat mendalam. ” (Yusuf: 30).
5. Pintu Hati yang kelima adalah Lubb, sebab dia tempat terbitnya “Tauhid” atau cahaya fana’ (meleburkan diri) kepada Allah. Firman Allah:

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَذِكْرَىٰ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (az-Zumar: 21).
6. Pintu Hati yang ke enam adalah Sirr. Yaitu “Rahasia”, atau cahaya baqo’ dengan Allah. Sirr berisi rahasia-rahasia Tuhan dan terhubung langsung dengan-Nya. Sirr adalah inti dari segala inti yang mengandung rahasia dari segala rahasia. Firman Allah:

وَإِنْ تَجْهَرْ بِالْقَوْلِ فَإِنَّهُ يَعْلَمُ السِّرَّ وَأَخْفَى
“Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi. ” (Qs. Thoha: 7).

7. Pintu Hati yang ketujuh adalah AKU, yaitu tempat tajalli Aku, tempat rahasia-Ku, tempat mengenal Aku. “AKU meniupkan kepadanya ruh-Ku”, “AKU yang tak cukup ditampung oleh langit dan bumi, melainkan tertampung di dalam hati seorang beriman yang tulus”. Firman Allah:

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah.” (Qs. Thoha: 14).
Itulah hakekat manusia, semua rahasia Allah ditanamkan di dalam diri manusia, maka jika kita ingin mengenal Allah kajilah diri kita sendiri. Firman Allah dalam Hadis Qudsi:

الانسان سرى و انا يره.

“Manusia itu rahasia-Ku dan Aku pun rahasianya.”

مَنْ عَرَفَ نَفْسَهُ فَقَدْ عَرَفَ رَبَّهُ وَمَنْ عَرَفَ رَبَّهُ فَسَدَ جَسَدَهُ

“Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya, dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.”
Cara Menuju Ke Singgasana Tuhan.

Lalu bagaimana caranya kita agar bisa sampai menuju ke singgasana Tuhan...? banyak sekali jalan cara kesana, banyak tradisi dan jalan yang mengajarkan untuk bisa sampai menuju Singgasana Tuhan. Salah satu caranya adalah sebagaimana yang digambarkan dalam ayat :

وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ 
“Dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (Qs. Qoff : 16 )
Di dalam leher manuisa terdapat tenggorokan, itulah jalannya nafas manusia, nafas adalah talinya jiwa (hati), nafas adalah simbol keberadaan ruh di dalam manusia. Maka dengan meditasi nafas yaitu merasakan keluar-masuknya nafas dengan kontinyu dan disiplin tinggi, maka kita akan bisa membuka pintu-pintu hati tersebut sampai menuju sang AKU.

Pintu-pintu hati itu adalah kondisi psikologi pejalan ruhani dalam menembus dimensi-dimensi hati dalam melawan hawa nafsu. Pintu-pintu hati di atas juga sangat berkaitan dengan tahapan tujuh nafsu dalam diri manusia.

“Peta-peta perjalanan ruhani itu sangat penting sekali, jika kita tidak memahami rambu-rambu dan peta nya, maka kita akan kesulitan dan kesasar dalam perjalanan ruhani.”



Sumber: Cahaya Gusti
Share
Banner

Rustadi

Hidup adalah Pengabdian. Pengabdian dengan kerja Keras Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: